ANALISIS STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK

Tujuan utama dari sebuah perusahaan ialah pencapaian profit (laba) dan hal ini dapat juga sebagai tolak ukur dalam sukses atau tidaknya sebuah perusahaan dalam pencapaian tujuannya. Selain itu efektifitas dan efesiensi dalam menjalankan operasional perusahaan juga memegang peranan penting. Efisiensi yang dilakukan dengan perhitungan dan pertimbangan yang tepat sehingga tidak ada pemborosan biaya baik itu dalam operasional maupun dalam biaya promosi maupun iklan dan efektifitas yang dimaksud ialah pemilihan strategi pemasaran yang tepat dan sesuai dengan pasar yang dilayani oleh perusahaan sehingga sasaran yang ditetapkan dapat tercapai.
Oleh karena itu setiap pemimpin perusahaan selalu dituntut untuk kerja keras dan memiliki kreatifitas yang tinggi untuk terciptanya tujuan perusahaan. Tujuan perusahaan dalam bidang pemasaran ialah untuk meningkatkan hasil penjualan atau setidak tidaknya untuk mempertahankan hasil penjualan yang telah dicapai. Bermacam macam cara yang dapat dipergunakan untuk mencapai maksud tersebut antara lain: perencanaan produk yang tepat, promosi penentuan harga pengembangan produk dengan memperhatikan kegiatan dan langkah langkah yang dijalankan oleh pesaing lain.
Bila peruusahaan memiliki citra yang baik di mata pelanggan maka yang akan timbul ialah suatu kepercayaan yang besar pada peruusahaan meskipun dipasaran terdapat produk pesaing dengan manfaat dan harga relative sama atau dengan kata lain para pelanggan akan tetap setia meskipun terdapat produk baru peruusahaan meniingkatkan Dalam hal ini pimpinan perlu memelihara dan pelayanan tersebut karena dampak yang sangat positif bagi peruusahaan Elektronik yang bergerak dalam produk elektronik dengan merk TANAKA.
Dalam penelitian ini analisis yang digunakan ialah SWOT, yaitu analisis yang mengidentifikasikan berbagai faktor secara sistematis untuk merumuskan strategi peruusahaan Analisis ini didasarkan pada logika yang dapat memaksimalkan kekuatan (strength), peluang (oppurtunities), sehingga secara bersamaan dapat meminimalkan kelemahan (weakness) dan suatu ancaman (threath). Analisis SWOT dalam penelitian ini didasarkan pada kualitas dan harga, sehingga dapat ditentukan besarnya kekuatan kelemahan peluang dan ancaman seperti dibawah ini:
Faktor Internal
1) Kekuatan
(1) Kualitas produk cukup dengan nilai 2,5 artinya kekuatan kualitas produk dalam hal ini sedang
(2) Harga produk dengan nilai 3,3 artinya kekuatan peluang harga produk dalam hal ini sangat besar
(3) Promosi peruusahaan mempengaruhi dengan nilai 2,9 artinya kekuatan peruusahaan dalam hal ini sedang
2.) Kelemahan
(1) Kepuasan konsumen cukup dengan nilai 2.9 artinya kelemahan peruusahaan dalam hal ini sedang
(2) Kesesuaian harga dengan kualitas tinggi dengan nilai 3,2 artinya kelemahan peruusahaan dalam hal ini kecil
Faktor Eksternal
1) Peluang
(1) Kesan konsumen I pengguna terhadap poduk cukup, dengan nilai 2,9 artinya peluang peruusahaan dalam hal ini sedang
(2) Kesediaan konsumen untuk membeli dnegan harga yang ditetapkan bernilai tinggi, dengan nilai 3,9 artinya peluang peruusahaan dalam hal ini besar
2.) Ancaman
(1) Perbandingan kualitas dengan produk lain bernilai cukup 3,5 artinya ancaman yang dihadapi peruusahaan dalam hal ini kecil
2) Perbandingan harga dengan produk lain bernilai tinggi, dengan nilai 3,2 artinya ancaman yang dihadapi toko dalam hal ini kecil
(3) Perbandingan promosi yang dilakukan dengan peruusahaan pesaing bernilai cukup dengan nilai 2,8 artinya ancaman yang dihadapi peruusahaan dalam hal ini sedang.
Kesimpulannya yaitu:
1. PT. Sumber Digital Media Banjarmasin Elektronik atau yang sering dikenal SDM
adalah bisnis yang bergerak di bidang elektronik dengan nama produk Tanaka Peruusahaan SDM ini sudah berdiri sejak 10 tahun yang lalu atau tepatnya pada tahun 2008. Dengan pengalaman puluhan tahun dibidang parabola dan elektronik, kini jaringan distribusi SDM telah menjangkau seluruh pelosok indonesia hampir 4000 dealer diseluruh wilayah indonesia dan didukung dengan beberapa cabang diberbagai wilayah seperti pekanbaru, lampung, medan jakarta. surabaya, pontianak palembang bandung, makassar, manado, jambi, dan banjarmasin atau tepatnya lokasi di Banjarbaru.
Berdasarkan analisis faktor internal
2.menunjukkan bahwa Peruusahaan PT Sumber Digital Media Banjarmasin Elektronik termasuk dalam kategori sedang yang mana peruusahaan. mempunyai peluang yang cukup besar dalam mengembangkan usahanya Akan tetapi perlu peningkatan pada pelayanan peruusahaan 3. Sedangkan berdasarkan analisis faktor eksternal menunjukkan. bahwa Peruusahaan PT. Sumber Digital. Media Banjarmasin Elektronik termasuk kategori tinggi yang mana perusahaan mempunyai peluang yang sangat besar untuk perkembangan usahanya, pada waktu yang sama perusahaan juga tidak terlalu mendapat ancaman dari pesaing. karena perusahaan cukup bisa bersaing dengan perusahaan lain. Oleh karena itu perusahaan dapat dengan mudah berkembang.
Ditulis oleh Dian Nur Elisa (PE 2023 C)
Referensi :
https://www.freepik.com/free-photo/marketing-ideas-share-research-planning-concept_17431772.htm#fromView=search&page=1&position=3&uuid=ad8d035c-ee3c-4112-9c8f-51ae859c75d7