KEMAJUAN PADA ERA DIGITAL MEMBERIKAN PERKEMBANGAN PESAT PADA MANAJEMEN OPERASIONAL E-COMMERCE

Pada era digital perkembangan tekonolgi sangat pesat. Teknologi informasi digunakan dalam operasi komersial selain untuk merampingkan dan mempercepat komunikasi dan pertukaran informasi. Kegiatan bisnis melibatkan penggunaan berbagai saluran komunikasi dan informasi, termasuk telepon, faks, SMS, email, situs web, dan lain-lain. Saat ini, seiring dengan kemajuan teknologi informasi, peluang bisnis baru telah muncul dan semakin banyak transaksi komersial yang diselesaikan secara elektronik. Dengan perkembangan teknologi informasi, semakin mudah bagi setiap orang untuk terlibat dalam transaksi legal seperti pembelian dan penjualan. Perkembangan internet terjadi dengan cepat dan memiliki dampak yang signifikan pada setiap bagian kehidupan.
Perencanaan, pengaturan, pengkoordinasian, dan pengendalian semua tindakan yang berkaitan langsung dengan barang dan jasa dikenal sebagai manajemen operasional terkait erat dengan produk dan jasa. Manajemen untuk memastikan bahwa setiap proses produksi diatur dan dikelola agar berfungsi dengan sukses dan efisien. Proses yang berkesinambungan dan efisien yang memanfaatkan setiap fungsi manajemen untuk merencanakan, mengkoordinasikan, dan mengawasi setiap aspek produksi secara efisien adalah definisi manajemen operasi. Adapun beberapa kegunaan manajemen operasional, yaitu antara lain :
1. Fungsi perencanaan
Tahap ini mencakup setiap tindakan awal, termasuk memilih produk atau jasa yang akan dibuat dan dipasarkan Fungsi perencanaan mencakup pemanfaatan sumber daya dan peralatan tambahan untuk memproduksi barang.
2. Fungsi organisasi
Setiap usaha komersial membutuhkan pemahaman tentang jumlah sumber daya manusia-termasuk keterampilan dan kemampuan-yang dibutuhkan, yang dibutuhkan, termasuk bakat dan kapasitas. Dengan kata lain, manajer operasi harus mendefinisikan struktur organisasi individu, tim, atau divisi dalam sistem operasi untuk mencapai tujuan organisasi.
3. Fungsi penelitian
Penting untuk menilai setiap aspek produksi dan operasi, termasuk fungsi penelitian. Seluruh proses pengumpulan data mengenai setiap kegiatan operasional dan manufaktur termasuk dalam peran penelitian.
4. Fungsi pemantauan
Fungsi pemantauan ini mencakup semua tindakan yang diambil untuk memastikan bahwa berbagai aktivitas telah dilakukan dan terus dilakukan sesuai dengan rencana. memverifikasi bahwa berbagai tugas telah diselesaikan dan masih diselesaikan sesuai dengan rencana.
Dalam memanfaatkan e-commerce sebagai sistem pemasaran online pada pelanggan, ada faktor-faktor yang harus selalu diperhatikan. Faktor yang paling penting dalam bisnis online adalah konsumsi pengguna atau kepercayaan. Elemen yang paling penting saat meluncurkan perusahaan internet adalah aksesibilitas dan keterbukaan sistem, yang diperbarui terus menerus secara real time ketika transaksi pembeli dan penjual terjadi. Dengan demikian, cara terbaik untuk menjalin hubungan kerja dengan klien saat meluncurkan toko online adalah dengan berhati-hati dan jujur untuk memenangkan kepercayaan pembeli.
Salah satu manfaat belanja online dibandingkan toko fisik adalah bisnis dapat meningkatkan produksi dan efisiensi dengan mengurangi jaringan pengiriman e-commerce. Usaha kecil dan menengah (UKM), terutama yang memiliki dana terbatas, memiliki pilihan untuk bertransaksi bisnis atau menjual langsung ke produsen dan pemasok bahan baku. Selain itu, pertumbuhan e-commerce memiliki berbagai keuntungan bagi bisnis dalam hal cara mereka beroperasi. Berikut dalah beberapa pengaruh positif e-commerce:
1. Berkurangnya anggaran proses produksi
Menggunakan internet atau platform digital lainnya untuk komunikasi bisnis atau konsumen secara langsung menurunkan jumlah kertas yang digunakan dan tagihan telepon yang tidak perlu. Menggunakan platform digital secara langsung dapat mengurangi penggunaan kertas dan biaya telepon yang tidak perlu. Jumlah pekerja dalam produksi atau sumber daya manusia, ukuran struktur, fakta bahwa produk dapat ditampilkan tanpa toko fisik atau outlet, dll.
2. Memotong siklus produk dan manajemen pemasokan
Jika pesanan dari pelanggan tiba, produsen dapat memesan produk pemasok atau untuk kebutuhan dasarnya. Hanya pesanan pelanggan yang diterima, yang memengaruhi seberapa cepat barang diproduksi dan menghilangkan kebutuhan akan fasilitas atau ruang penyimpanan.
3. Tidak ada batasan waktu dalam pengoperasian
Karena bisnis yang dilakukan secara online atau di platform digital dapat diakses sepanjang waktu, mereka tidak diharuskan untuk menghentikan operasi penjualan mereka. Platform digital dan internet dapat diakses sepanjang waktu, tujuh hari seminggu.
4. Layanan Lebih meningkat dan lebih baik
Dalam ranah perdagangan online, sangat penting untuk menawarkan kolom komentar, area di mana pelanggan merasa bebas untuk menyuarakan pendapat mereka, dan tempat di mana pelanggan dapat dengan bebas menyuarakan tuntutan, saran, dan keluhan mereka pada saat yang bersamaan baik secara individual maupun secara bersamaan. Dengan pendekatan ini, bisnis dapat melakukan inovasi terhadap produknya sebagai respon terhadap kebutuhan pelanggan.
Dalam menjalankan manajemen operasional pada era digital. E-commerce adalah sistem yang dapat membantu operasional perusahaan lebih tertata dan mempermudah perluasan pelanggan.
Ditulis oleh Yuni Dwi Susanti (PE 2023 C)
Referensi :
https://www.freepik.com/free-photo/showing-cart-trolley-shopping-online-sign-graphic_18134498.htm#fromView=search&page=1&position=0&uuid=6924c975-169b-4468-b54a-9591267720a4