Kepercayaan dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Jasa Layanan PT. Kereta Api Indonesia (PERSERO)

PT Kereta Api Indonesia atau KAI merupakan salah satu perusahaan dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN) atau moda transportasi yang mengatur, menyediakan, dan mengurus jasa angkutan kereta api di Indonesia. PT. Kereta Api Indonesia (Persero) memiliki ciri – ciri mengangkut angkutan atau barang yang besar dan memiliki kelebihan tersendiri, oleh karena itu, perlu memfokuskan pada potensi dan memperkuat perannya sebagai titik fokus penghubung negara dan dunia, dan mesin pembangunan demi peningkatan kebahagiaan rakyat. Oleh karena itu, Kereta Api Indonesia (Persero) mempunyai kewajiban untuk memberikan pelayanan yang terbaik dan memuaskan para pelanggan jasa. Hal ini sesuai pada kenyataan bahwa setiap masyarakat berhak mendapatkan pelayanan yang baik dari aparatur pemerintahan.
Sejalan dengan majunya teknologi dunia bisnis dan pertumbuhan di pasaran, saat ini KAI juga mendukung usaha lainnya dengan memanfaatkan sumber daya yang dimilikinya, seperti layanan kereta api, layanan pariwisata berbasis kereta api, dan layanan restoran di dalam kereta api di suatu stasiun, layanan katering dan logistik. Sebagai alat transportasi, kereta api merupakan salah satu solusi yang terbaik dan nyaman bagi personel antar pemerintah yang bekerja di satu lokasi daerah. Selain itu, tarif yang relatif rendah bagi penumpang membuat ketepatan waktu, keberangkatan, dan kedatangan penumpang menjadi tidak dapat ditoleransi . Selain sebagai alat transportasi antar provinsi , kereta api juga menjadi salah satu alat angkut utama bagi penggunanya karena waktu tempuhnya yang relatif cepat.
Salah satu keunggulan moda transportasi dalam hal ini juga adalah kemudahan koordinasi dan penyelesaian tiket transit antarkota atau antarprovinsi yang jauh jangkauannya. Saat ini, ketepatan waktu dan kereta api keberangkatan menjadi kurang penting. Hal ini terutama terkait dengan penggunaan ruas kereta api atau rel ganda untuk meminimalkan kereta antrean selama perjalanan atau meminimalkan tiba di stasiun tujuan. Kepuasan pelanggan adalah perbandingan antara apa yang diharapkan dari partisipan dan apa yang dialami partisipan. Manfaat yang diterima oleh KAI adalah kepuasan pelanggan terhadap jasa yang diberikan. Adanya evaluasi secara menyeluruh dari pemakaian pengguna merupakan persepsi dari pelanggan. Selain itu , kepercayaan di antara pelanggan merupakan faktor penting yang berkontribusi terhadap keberhasilan suatu kemitraan. Tanpa pemahaman apa pun, suatu hubungan tidak akan bertahan selama beberapa orang.
Ketika kepercayaan pelanggan dan kesetiaan tercapai, diharapkan loyalitas perusahaan terus meningkatkan mutu layanan kereta api. Kualitas- kualitas tersebut menjadi dasar dalam layanan yang digunakan pengguna, dan tidak hanya saat melakukan perjalanan di dalam kereta api tetapi juga selama dari tahun ke tahun dan setelah transaksi. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa produk dan layanan yang berkaitan dengan keberangkatan meliputi
a. Pemesanan tiket,
b. Kenyamanan harga tiket ,
c. Kebersihan dan kenyamanan lingkungan stasiun,
d. Keramahan petugas.
Juga ada fasilitas – fasilitas lain seperti :
a. Toilet,
b. Lapangan parkir,
c. penjual makanan dan minuman, dan
e. jasa lainnya
Adapun pelayanan selama perjalanan, antara lain
a. kebersihan dan kenyamanan gerbong dan toilet,
b. Petugas yang sigap menjaga ketertiban
c. kualitas keamanan dan keselamatan penumpang
d. AC
e. Kualitas makanan dan minuman yang dijual
Dan yang terakhir adalah untuk mencapai tingkat kenyamanan, KAI sangat disiplin dalam waktu, contohnya ketepatan waktu, kedatangan kereta, dan lain – lain.
Ditulis oleh Fransisca Dea Ayu Zagita (PE 2023 B)
Referensi :
https://www.freepik.com/free-photo/side-view-people-traveling-by-train_45382651.htm#fromView=search&page=1&position=7&uuid=a659757f-62f0-4e11-8fb7-799eea685811