MENGGALI POTENSI KURIKULUM DALAM MEMBANGUN KARAKTER SISWA MENUJU INDONESIA EMAS

Indonesia Emas 2045 yaitu visi menuju negara yang maju, mandiri, dan berdaya saing tinggi. Dalam upaya mewujudkan visi ini, Pendidikan di Negara Indonesia harus mampu bersaing dalam peran sentral. Kurikulum yang Efektif dan Relevan sangat penting untuk mengembangkan karakter siswa dalam Generasi penerus banga.
Kurikulum memiliki peran penting dalam membentuk karakteristik siswa. Dengan pendekatan yang terstruktur dan integratif, nilai-nilai karakter dapat ditanamkan dalam setiap aspek pembelajaran. Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu.
Kurikulum merupakan salah satu instrumen utama dalam pendidikan, memiliki potensi besar untuk membentuk karakter siswa yang diinginkan.
Adapun beberapa aspek yang harus di perhatikan dalam pengembangan karakter, antara lain:
1. Pentingnya pengembangan Karakter Siswa dalam Pendidikan
2. Kurikulum yang dicakup harus Berbasis pada Nilai-Nilai Pancasila
3. Integritas Pendidikan
4. Metode Pembelajaran yang aktif dan Partisifasif
5. Peran Guru sebagai Teladan
6. Evaluasi dan Penilaian Karkater Siswa
Pada hakikatnya, Karakter Siswa diharapkan dapat membentuk manusia secara utuh (holistik) yang berkarkater selain untuk membentuk pembelajar sepanjang hayat, yang sejatinya akan mampu mengembangkan semua potensi peserta didik secara seimbang (spiritual, emosional, intelektual, sosial, dan jasmani) dan juga secara optimal.
Dalam membangun Krakter Siswa yang baik juga diperlukan Kurikulum yang Efektif dan Relevan, salah satunya yaitu Kurikulum Merdeka. Kurikulum Merdeka adalah Kurikulum yang memberi fleksibilitas dan berfokus pada materi esensial untuk mengembangkan kompetensi peserta didik sebagai pelajar sepanjang hayat yang berkarakter Pancasila.
Ditulis oleh Nama Halimatus Sa’diyah (PE 2024 D)
Referensi:
Scopus - Hasil pencarian dokumen | Masuk
Kontruksi Peran Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Berbasis Budaya Lonto Leok dalam Penguatan Karakter Siswa - Mendeley Data
Pendidikan Karakter : Peranan Dalam Menciptakan Peserta Didik yang Berkualitas - Direktorat Guru Pendidikan Dasar (kemdikbud.go.id)