Pengaruh Pasar Monopoli terhadap Pilihan Konsumen dalam Transportasi Darat: Studi Kasus Kereta Api

Di dalam pasar monopoli para konsumen tidak ada pilihan lain selain menggunakan produk atau jasa yang dipasarkan oleh perusahaan atau para pedagang tersebut. Karena dalam pasar monopoli tidak ada perusahaan atau para pedagang yang dapat membuat barang pengganti atau substitusi yang sempurna, sehingga konsumen tidak memiliki pilihan lain selain menggunakan produk atau jasa dari perusahaan tersebut. Jadi dapat semua orang tahu bahwa pasar monopoli adalah pasar di mana hanya satu produsen atau penjual menguasai semua penawaran. Monopolis adalah produsen yang menguasai pasar monopoli. Persaingan bisnis dalam monopoli dapat membantu pelanggan mendapatkan layanan dan kualitas terbaik karena dalam pasar monopoli tidak ada yang dapat meniru atau mengganti produk atau jasa yang dibeli atau dipakai ini juga merupakan tujuan utama untuk mempertahankan pelanggan. Dalam pasar monopoli penentuan harga sudah diatur oleh pemerintah sehingga konsumen juga tidak perlu mencari barang atau jasa kemanapun. Situasi ideal adalah ketika penjual dan pembeli memiliki informasi yang sama tentang produk yang akan dijual dan jika ada satu pihak yang tidak mempunyai informasi seperti itu maka pihak tersebut akan merasa dirugikan. Struktur monopoli juga sangat berbanding terbalik oleh pasar persaingan sempurna, Perusahaan monopoli adalah "price marker" di pasar karena mereka adalah satu-satunya penjual. Kurva mereka yang identik yaitu kurva permintaan di pasar. Kurva yang didapatkan dalam pasar monopoli bergerak dari kiri atas ke kanan bawah dan tidak mendapatkan kurva permintaan horizontal jadi perusahaan menurunkan harganya maka permintaan akan meningkat dan apabila perusahaan ingin menjual lebih banya maka harus diturunkan harganya.
Faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam menentukan transportasi, perekonomian di Indonesia mungkin telah mengalami banyak perubahan atau pemulihan yang cukup besar dibandingkan dengan awal krisis ekonomi tahun sebelumnya, dan seiring dengan pemulihan ekonomi negara – negara terutama negara asia yang terkena dampaknya krisis ekonomi dan di dorong oleh perencanaan era bebas perdagangan pada tahun 2003. Selanjutnya bisnis mulai berusaha untuk memenangkan persaingan dengan para pesaingnya. Persaingan tingkat harga antar sarana transportasi darat antara mobil, kereta api, bus, dan sepeda motor yang tidak terlalu jauh konsumen memilih maniki kereta api ketimbang angkutan yang lain meskipun ada beberapa kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh kereta api, semua angkutan darat juga memiliki kelebihan dan kekurangannya. Dalam usaha transportasi khususnya pada transportasi darat, sebelum memutuskan untuk membeli jasa tersebut, pelanggan biasanya akan mempertimbangkan beberapa hal penting. Faktor yang biasanya sering diperhatikan oleh pelanggan yaitu : a. Faktor pelayanan, faktor harga, dan faktor fasilitas kenyamanan serta keamanan. Selain faktor-faktor yang telah disebutkan sebelumnya ada faktor internal dan eksternal dari dalam diri konsumen itu sendiri dan faktor yang paling utama yang dipertimbangkan konsumen untuk membeli suatu produk atau jasa yaitu kebutuhan. Hal ini mendukung konsumen atau masyarakat yang ingin menggunakan jasa transportasi darat yang cukup efesien dan sesuai dengan kebutuhan mereka. Dimana setiap individu ada beberapa yang ingin lebih cepat sampai, disatu sisi lain agar lebih efisien waktu dan tempat selama perjalanan tidak terhalang oleh macetnya lalu lintas. Transportasi darat yang memenuhi itu semua yaitu dengan menggunakan kereta api dikarenakan kereta api bisa terhindari dari macetnya lalu lintas, efisiensi waktu, dan biisa mengangkut barang barang yang banyak. Selain itu kereta api juga dapat meningkatkan pengembangan ekonomi contohnya seperti PT. KAI yang dimana dapat menggunakan kekuatan pasar monopoli untuk menentukan harga dan output jangka panjang dalam monopoli. Hal ini juga mempengaruhi keputusan konsumen dalam memilih transportasi darat yang akan digunakan atau dibeli. Dengan ini kereta api memanfaatkan pasar monopoli karena tidak ada yang dapat menggantikan dan konsumen juga tidak memiliki pilihan lain selain menggunakan transportasi darat oleh perusahan kereta api jika ingin lebih efisien waktu, cepat, harga yang terjangkau. Kembali lagi dengan kebutuhan individu setiap orang berbeda dan setiap jenis transportasi darat juga memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing.
Berdasarkan pembahasan tersebut dapat disimpulkan bahwa pasar monopoli juga sangat berpengaruh pada keputusan konsumen dalam menentukan menggunakan transportasi darat berjenis apa, dan dari berbagai macam transportasi darat yang paling efektif dalam hal waktu dan muatan serta harga yaitu kereta api. Dalam hal ini kereta api juga sangat diuntungkan dalam pasar monopoli yang jasa dalam perusahaan tersebut tidak dapat tergantingkan sehingga konsumen tersebut tetap memilih jasa tersebut. Lalu ada berbagai faktor faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen yaitu faktor internal dan eksternal selain itu juga ada faktor pelayanan, faktor harga, dan faktor fasilitas kenyamanan serta keamanan. Kembali juga pada individu masing masing dalam kebutuhan mereka membutuhkan transportasi darat.
Ditulis oleh Riza Celomita Raphaela (PE 2023 B)
Referensi :
Aritonang, E. J., Purba, N. S., & Wahyuni, S. (2022). Pengaruh Pasar Monopoli Di Indonesia. https://www.researchgate.net/publication/342077686_PENGARUH_PASAR_MONOPOLI_DI_INDONESIA
Fatma, A. I., & Saino1. (n.d.). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen Untuk Menggunakan Jasa Kereta Api Komuter Tujuan Lamongan-Surabaya. 1–18. Retrieved March 26, 2024, from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jptn/article/download/7066/7660/#:~:text=Faktor%2D%20faktor%20yang%20digunakan%20untuk,%2C%20pelayanan%2C%20kenyamanan%20dan%20keamanan
Hakim, F. N., & Saino. (2021). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen Menggunakan Jasa Transportasi Suroboyo Bus. Journal Feb Unmul, 241–253. https://journal.feb.unmul.ac.id/index.php/FORUMEKONOMI/article/download/7974/1256
Pramita, I. N., & Budiadi, S. (n.d.). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen Dalam Memilih Jasa Transportasi Taksi Roda Dua. Ejournal Unesa, 1–10. Retrieved March 26, 2024, from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jptn/article/download/12049/11231/
https://www.freepik.com/free-photo/woman-waving-train-from_5228431.htm#fromView=search&page=1&position=38&uuid=f4f76b7f-48eb-4e56-a737-71756001adc4