USAHA MIKRO MEMPERKUAT EKONOMI DESA

Usaha mikro berperan penting dalam ekonomi desa. Usaha mikro memberikan peluang kepada warga desa untuk menjadi pengusaha dan mengambil peran aktif dalam pembangunan ekonomi mereka sendiri. Untuk memaksimalkan manfaat usaha mikro di desa, penting bagi pemerintah, lembaga, dan organisasi non-pemerintah untuk memeberikan dukungan dalam bentuk pelatihan, akses modal, akses pasar, dan bantuan lainnya kepada para pengusaha mikro di desa. Pelatihan – pelatihan itu dapat dilakukan oleh masyarakat desa dengan teliti agar menghasilkan usaha sesuai harapan.
Dalam mengakses modal dapat meminjam bantuan dari pihak – pihak yang memiliki bantuan tersebut, dalam akses pasar dapat mengikuti strategi – strategi yang ada. . Ini dapat membantu mereka berkembang dan berkontribusi lebih besar terhadap pembangunan ekonomi desa. Pengembangan ekonomi di daerah pedesaan memiliki peran penting dalam mengurangi kesenjangan antara ekonomi kota dan desa. Kesenjangan desa-kota merupakan salah satu permasalahan ekonomi yang dihadapi oleh negara anggota OKI yang sebagian besar merupakan negara berkembang.
Negara berkembang adalah negara yang memiliki kegiatan ekonomi dan industri yang rendah. Dan salah satunya yang harus diperbaiki di dalam desa karena masih banyak kesenjangan ekonomi yang dialami, karena salah satunya kurang mendukungnya teknologi untuk proses perubahannya. Pemerintah dalam memperkuat perekonomian desa saaat ini mendukung. Pemerintah memiliki banyak program untuk memudarkan kesenjangan ekonomi yang ada di desa. Salah satunya adalah mendorong UMKM agar maju.
Menteri keuangan, Ibu Sri Mulyani pernah menyampaikan bahwa pengembangan dan pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) merupakan hal yang sangat penting bagi perekonomian global karena UMKM merupakan tulang punggung perekonomian dunia. Beberapa kebijakan pemerintah yang telah dilakukan dalam rangka pemberdayaan UMKM di Indonesia adalah :
1. Pembangunan infrastruktur, Infrastruktur yang memadai akan membantu UMKM dalam meningkatkan efisiensi operasional dan memperluas jangkauan pasar mereka. Pembangunan infrastruktur konektivitas digital, seperti Satelit Palapa Ring dan Base Transceiver Station, sehingga pelaku usaha yang berada di daerah terpencil akan terhubung secara digital.
2. Program Pembiayaan, sekitar 18 juta UMKM belum memiliki akses terhadap pembiayaan formal dan sekitar 46 juta UMKM masih membutuhkan tambahan pembiayaan untuk modal kerja dan investasinya. Pemerintah memberikan dukunganmelalui program KUR dan pembiayaan Ultra Mikro
3. Digitalisasi UMKM, Digitalisasi dapat memberikan banyak manfaat bagi UMKM, termasuk efisiensi operasional, meningkatkan produktivitas, memperluas jangkauan pasar, dan meningkatkan daya saing. Hingga Januari 2022, sebanyak 17,2 juta UMKM telah terdigitalisasi. Targetnya, 40 juta UMKM akan terdigitalisasi pada tahun 2024
4. Sinergi dan Koordinasi, peningkatan sinergi dan koordinasi dengan sektor publik, akademi, dan juga sektor swasta, termasuk juga bagaimana mengembangkan skema keuangan syariah untuk UMKM sangat diperlukan dalam rangka meningkatkan pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).
Adapun hal – hal yang terjadi setelah adanya UMKM di suatu desa yang bermanfaat bagi warga setempat, antara lain :
1. UMKM dapat memproduksi barang dan jasa yang dibutuhkan masyarakat sekitar, yang artinya para pengusaha mikro menciptakan produk dan jasa yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar dan untung juga bagi pengusaha.
2. UMKM dapat menciptakan lapangan pekerjaan, di daerah desa sangat sulit untuk memiliki peluang bekerja sehingga banyaknya pengangguran, dengan adanya UMKM akan membentuk suatu usaha yang di dalamnya ada pekerja
3. UMKM dapat melatih kemandirian masyarakat, dengan adanya usaha mikro tersebut masyarakat desa akan terlatih kemandiriannya dengan menciptakan inovasi dan motivasi untuk maju.
4. UMKM dapat mengurangi ketergantungan terhadap produk impor, yang artinya akan menciptakan kecintaan terhadap produk lokal.
Ditulis oleh Afiana Efendi (PE 2023 B)
Referensi :
https://www.freepik.com/free-photo/selling-plant-online-women-smiling-while-using-laptop_10401322.htm#fromView=search&page=1&position=29&uuid=17daaffb-38a3-4a01-9fc2-1d7d97c66bd7